NEWS

Caiazzo yang mewakili klub-klub mengatakan Liga Prancis membutuhkan kompetisi untuk diselesaikan. Sebab jika tidak, para klub dikhawatrikan akan mengalami kerugian pada keuangan hingga menyebabkan bangkrut.

Menurutnya, kompetisi musim ini masih harus diselesaikan di tengah kekhawatiran besar atas dampak keuangan tim. Akan tetapi, ia juga agak ragu kompetisi tetap berlanjut di tengah situasi yang mencekam ini.

“Saya sangat-sangat khawatir dengan semua klub. Tanpa bantuan negara, dalam waktu enam bulan setengah, beberapa klub pro akan mengalami kebangkrutan,” ungkap Caiazzo, mengutip dari Goal, Senin (23/3/2020).

“Lima kejuaraan besar Eropa telah kehilangan 4 miliar euro, kompetisi di Prancis mungkin (mengalami rugi) antara 500-600 juta euro,” tambahnya.

Sebelumnya, Caiazzo telah mengusulkan untuk kompetisi Liga Prancis bisa digulirkan kembali pada 15 Juni 2020. Tetapi, hal tersebut juga bergantung dengan situasi wabah virus corona yang belum berhenti hingga saat ini.

“Adalah penting untuk menyelesaikan kejuaraan dengan segala cara, sekalipun pada Juli-Agustus dan semuanya kembali tenang,” ungkap Caiazzo, mengutip dari Goal, Senin (23/3/2020).

“Saat ini, semua klub kehilangan sekira 250 juta euro (Rp4,45 triliun) per bulan dan kami tidak bisa bermain sampai situasi ini membaik. Kami bisa katakan pada Juli-Agustus dan paling baik pada 15 Juni,” tambah pria berusia 66 tahun tersebut.

Sebagian besar tim di Liga Prancis 2019-2020 telah memainkan 28 pertandingan sebelum kompetisi dihentikan. Paris Saint-Germain (PSG) masih memimpin klasemen sementara dengan 68 poin atau unggul 12 angka dari pesaing terdekatnya, Marseille yang berada di urutan kedua.

 

Presiden Klub-Klub Sepakbola Prancis, Bernard Caiazzo, mengusulkan agar Liga Prancis 2019-2020 ditunda hingga pertengahan Juni. Hal itu imbas dari penyebaran virus corona yang masih merebak di Prancis.

Sejauh ini, Liga Prancis masih ditangguhkan tanpa batas waktu sejak 13 Maret 2020 karena wabah virus corona yang telah menyebabkan 674 orang di Prancis meninggal dunia. Karena itu, Caiazzo menyarankan Liga Prancis 2019-2020 harus tetap ditunda hingga 15 Juni 2020.