NEWS

Philippe Coutinho pindah dari Liverpool ke Barcelona pada bursa transfer musim dingin 2018. Kepindahan tersebut terasa menyakitkan bagi penggemar Liverpool karena Coutinho merupakan pemain kunci The Reds julukan dari Liverpool.

Namun, Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp tidak berpikir demikian. Klopp menyatakan transfer Coutinho ke Barcelona adil bagi sang pemain. Sebab, transfer itu seharusnya terjadi pada bursa transfer musim panas 2017 tetapi tidak terwujud.

Klopp menyatakan Coutinho mau bertahan demi Liverpool yang kekurangan pemain. Pada waktu itu, Liverpool kehilangan Adam Lallana yang cedera sehingga kekurangan opsi di lini tengh. Kondisi itu tidak memungkinkan Liverpool untuk melepas Coutinho pada bursa transfer musim panas 2017.

Klopp pun memuji sikap Coutinho yang mau bertahan pada waktu itu. Apalagi, Coutinho pun tetap tampil apik membela Liverpool pada paruh pertama musim 2017-2018. Oleh sebab itu, Klopp menilai adil bagi Coutinho untuk pindah ke Barcelona pada bursa transfer musim dingin 2018.

“Saya sangat menghargai kepindahan Phil (Coutinho) sejak detik pertama. Bukannya saya berpikir begitu sepanjang waktu tetapi rasanya 'oh wow itu bisa sulit,” ujar Klopp, menyadur dari Sportskeeda, Selasa (7/4/2020).

"Jadi ini bukan tentang kami menandatangani kontrak baru berminggu-minggu sebelumnya, tetapi sangat jelas dia tidak akan meminta saya untuk pergi ke klub lain tetapi untuk klub ini (Barcelona), tidak ada peluang (bagi Coutiho menolak). Kemudian kami harus keras di musim panas karena kami tidak punya solusi lain. Kami kehilangan Adam Lallana, pada waktu itu juga kami akan kehilangan dua pemain,” jelasnya.

"Itu tidak mungkin, Anda tidak bisa menyelesaikannya di bursa transfer (musim panas 2017). Dia terbuka untuk itu (tinggal) dan benar-benar keren. Maka Anda harus adil di bursa transfer (musim dingin 2018) dan mengatakan kami bisa melakukannya, kami tidak suka tetapi kami bisa melakukannya,” pungkasnya.