NEWS

Jadwal resmi leg kedua semifinal Coppa Italia sudah ditetapkan. Duel bergulir pada 12-13 Juni waktu Italia. Pengumuman jadwal ini disampaikan oleh Menteri Olahraga, Vincenzo Spadafora, lewat halam Facebook pribadinya. Pertarungan antara Juventus vs AC Milan penanda sepakbola Italia kembali bergulir setelah berhenti selama lebih dari dua bulan.

Juve dan Milan sempat bermain imbang 1-1 di San Siro pada leg pertama yang berlangsung bulan Februari. Si Nyonya Tua cuma butuh kemenangan 1-0 untuk melangkah ke final di leg kedua pada 12 Juni atau 13 Juni dinihari Waktu Indonesia Barat.

Pertandingan selanjutnya mempertemukan Napoli dengan Inter Milan. Partenoper menjamu Inter di San Paolo pada 13 Juni atau 14 Juni dinihari Waktu Indonesia Barat, dengan modal kemenangan 1-0.

Tentu bagi Inter memetik kemenangan 2-0 di kandang Napoli sangat berat. Terlebih, Napoli dipastikan bakal punya ambisi besar di Coppa Italia. Ajang ini adalah gelar yang paling mungkin untuk dimenangi.

Laga final digelar di Stadion Olimpico, Roma, pada 18 Juni dinihari WIB. Selang sepekan kemudian, giliran Serie A yang bergulir.

Sebelumnya, Presiden AC Milan, Paolo Scaroni, mengecam wacana jadwal Coppa Italia yang bakal digelar berdekatan. Menurutnya, hal itu dinilai tidak terlalu masuk akal.

Liga Italia resmi dilanjutkan pada 20 Juni 2020. Ada wacana agar turnamen Coppa Italia bisa dirampungkan sebelum musim kejuaraan Serie A berakhir.

Coppa Italia sendiri terhenti sejak Februari, saat laga baru memasuki semifinal leg pertama. Ada laga Inter Milan vs Napoli, dan AC Milan vs Juventus.

Rencananya, semifinal leg kedua akan digelar pada 13 Juni. Sementara finalnya akan langsung digelar berdekatan, yakni tiga hari berselang.

Hal itu dikomentari bos Milan. Scaroni menilai, ada baiknya agar Coppa Italia tidak digelar berdekatan demi menjaga kualitas turnamen.

"Kami memahami nilai-nilai untuk bisa menawarkan semua pertandingan berkualitas untuk penggemar, setelah lockdown berbulan-bulan," kata Scaroni kepada kantor berita ANSA, yang dilansir Reuters.

"Tapi, dari sudut pandang olahraga, kami menilai itu patut dipertanyakan untuk memberikan trofi sepenting Coppa Italia, dengan dua pertandingan dalam tiga hari, setelah lebih dari tiga bulan ditangguhkan," kata Scaroni.

Tak cuma Milan yang menolak wacana ini. Menurut laporan Gazzetta dello Sport, Inter Milan dan Juventus juga menentang Coppa Italia digelar berdekatan.