NEWS
Haaland sudah membuat 41 gol musim ini. Striker Borussia Dortmund itu punya catatan yang lebih oke dari Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

Haaland mencetak satu gol saat Dortmund melumat Schalke 04 dengan skor 4-0 di Signal Iduna Park, Sabtu (16/5). Satu gol itu membuatnya sudah melesakkan 41 gol sepanjang musim 2019/2020.

Rinciannya, 13 gol dicetak Haaland bersama Dortmund, usai didatangkan pada bursa transfer Januari. Sementara 28 gol lainnya dicetak ketika masih bermain di Red Bull Salzburg, pada paruh pertama musim.

Dilansir Marca, Haaland mampu mengumpulkan 41 gol dalam semusim saat usianya baru menginjak 19 tahun, 9 bulan, 23 hari. Penyerang Norwegia itu jauh lebih cepat dari Messi dan Ronaldo, dua pengumpul Ballon d'Or terbanyak, untuk menyentuh 40 gol lebih dalam semusim.

Striker Barcelona, Messi, bisa mencetak 41 gol untuk Barcelona pada musim 2009/2010. Ketika itu, La Pulga menyentuh 41 gol di usia 22 tahun 10 bulan 6 hari.

Adapun Ronaldo, striker Juventus, baru bisa mendapat 41 gol di usia 23 tahun, 3 bulan, 6 hari, untuk Manchester United di musim 2007/2008.

Selain Messi dan Ronaldo, Haaland juga lebih cepat untuk bisa mencetak 41 gol ketimbang banyak striker top lainnya. Mohamed Salah (Liverpool) melakukannya di usia 25 tahun, dan penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane di usia 24 tahun.

Adapun Luis Suarez bisa mencetak 41 gol di usia 23 tahun. Robert Lewandowski (Bayern Munich) dan Pierre-Emerick Aubameyang (Arsenal) melakukannya di usia 27 tahun, serta Edison Cavani di usia 29 tahun.

Bahkan Kylian Mbappe dan Neymar (Paris Saint-Germain) dan Antoine Griezmann belum pernah membuat 40 gol lebih dalam semusim. Tak ayal, Haaland menjadi striker muda yang sangat potensial menjadi sangat tajam di masa mendatang.

Dortmund menang 4-0 dan menempel ketat Bayern Munich di puncak klasemen dengan selisih satu poin. Sementara itu, Haaland terus unjuk ketajaman di depan gawang lawan dengan torehan satu gol dan satu assist di Revierderby pertamanya.

Haaland total sudah membuat 10 gol dari sembilan penampilan di Bundesliga sejak dibeli dari Red Bull Salzburg Januari lalu. Dilansir Opta, hanya Gert Dorfel dan Paco Alcacer yang mampu mencapai total gol Haaland, tapi dengan jumlah laga lebih sedikit, yakni delapan.

Tak cuma itu, pemain asal Norwegia itu jadi pemain Bundesliga kedua, setelah Klaus Matischak di Schalke musim 1963/1964, yang membuat 13 gol dari 12 penampilan perdananya.

Bundesliga sudah, Liga Champions pun sudah, DFB-Pokal pun ditaklukkan, dan kini Haaland juga mencetak gol di laga derby lembah ruhr pertamanya. Luar biasa!